Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Kulit Wajah » Pelajari Jenis Kulit Wajah Anda

Pelajari Jenis Kulit Wajah Anda

(1796 Views) April 23, 2016 5:12 am | Published by | No comment

Jenis kulit wajah.  Merawat kulit wajah tidak semudah merawat anggota badan lainnya, karena wajah merupakan bagian penting yang berhubungan langsung dengan penampilan seseorang. Kecantikan atau ketampanan selalu diukur dengan tampilan wajahnya, sehingga wajah akan berhubungan langsung  dengan penampilan seseorang.  Berbicara soal merawat kulit wajah pasti akan berhubungan dengan jenis kulit wajah.

Mengetahui jenis kulit wajah sangat penting karena setiap manusia memiliki jenis kulit wajah yang berbeda sehingga membutuhkan perawatan yang berbeda pula, agar mendapatkan hasil yang optimal.  Berikut ini adalah beberapa jenis kulit wajah, dan salah satunya pasti cocok dengan kondisi anda :

 

1. Kulit Normal. Jenis kulit wajah yang satu ini adalah kulit yang tidak terlalu berminyak dan tidak juga terlalu kering. Hal ini karena minyak(sebum) yang dikeluarkan oleh kelenjar sebacea seimbang dan tidak berlebihan ataupun kekurangan. Sebum adalah minyak atau lemak yang berfungsi untuk melembabkan dan menghaluskan bulu atau rambut. Meski begitu tetap saja, kulit wajah yang normal harus selalu dirawat agar senantiasa bersih, kencang, lembut dan segar.

Jika tidak rajin dibersihkan atau dirawat maka, kotoran pada kulit normal juga dapat mengakibatkan gangguan pada kulit, kekenyalan dan kelembaban kulit juga akan terganggu, serta bisa saja terjadi penumpukan kulit mati sehingga dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

Ciri-ciri umum kulit normal adalah kulit terasa lembut, lembab berembun, segar, bercahaya, halus dan mulus, tidak ada jerawat, elastis, serta tidak terlihat minyak yang berlebihan juga tidak  terlihat kering.

2.  Kulit Berminyak. Jenis kulit wajah ini adalah rata – rata jenis kulit wajah yang dimiliki oleh mereka yang masih berusia remaja, kira-kira umur 20 tahunan.  Hal ini terjadi karena kondisi hormon androgen yang sedang aktif-aktifnya, sehingga merangsang kelenjar sebaceous untuk memproduksi minyak lebih banyak. Hal ini juga diikuti dengan kenyataan bahwa mereka yang mengalami gangguan jerawat juga lebih banyak diderita atau dialami oleh para remaja kisaran umur 15 – 25 tahun. Karena kulit yang berminyak sangat rentan terkena kotoan, terkena bakteri, sehingga memicu tumbuhya komedo yang berujung pada jerawat.

Ciri-ciri umum kulit berminyak dapat mudah dilihat, seperti  pada daerah T  ( dahi, hidung dan dagu ) tampak sekali terlihat minyak yang berlebihan, kulit cendrung berpori-pori besar dan terasa agak tebal. Hal tersebut mengakibatkan jenis kulit ini mudah sekali menyerap kotoran, jerawat mudah tumbuh, tampak mengkilat, bahkan buruknya lagi (khususnya wanita) bedak atau kosmetik sukar untuk melekat dan mudah sekali luntur.

3.  Kulit Kering.  Jenis kulit wajah yang kering terjadi karena kulit kering kadar produksi minyak atau sebum yang diproduksi kelenjar sebacea sangat rendah sehingga kulit tidak mampu mempertahankan kelembabannya, sehingga garis atau kerutan sekitar pipi, mata dan sekitar bibir dapat muncul dengan mudah pada wajah yang berkulit kering.

Berikut ciri-ciri dari kulit kering : Kulit halus namun mudah sekali menjadi kasar, Kulit bertekstur tipis dan sering terlihat pucat karena kepekaan dari dinding pembuluh darah terhadap rangsangan dari luar berkurang sehingga peredaran darah tidak sempurna, kulit terasa tegang dan kaku seperti tertarik meski setelah mencuci muka, Daerah T yang umunya sering terdapat minyak berlebih justru malah tidak ada, ini kebalikannya dari kulit berminyak Cendrung timbul keriput dan garis halus karena daya elastis yang kurang.

Pemilik kulit kering mesti rajin-rajin menggunakan krim pelembab untuk mengatasi masalah-masalah diatas, karena jika dibiarkan mungkin kulit bisa menjadi sangat kering dan ekstrimnya kulit bisa terkelupas.

4.  Kulit Sensitif. Jenis kulit wajah yang sensitive  adalah jenis kulit yang sangat peka terhadap  rangsangan dan juga sangat peka terhadap hal-hal yang bisa menimbulkan alergi pada kulit. reaksi sensitif ini sebenarnya bisa saja dipicu oleh banyak hal seperti : makanan yang pedas, makanan yang berbumbu tajam, kafein, nikotin, minuman beralkohol, niasin atau vitamin B3, kandungan parfum, pewarna dalam kosmetika, sinar ultraviolet dan gangguan stres.

Berikut ini adalah ciri-ciri umum Kulit sensitif: mudah alergi, cepat bereaksi terhadap  perubahan suhu, mudah iritasi dan terluka, kulit bertekstur tipis, kulit sangat mudah menjadi kemerahan karena pembuluh darah kapiler dan ujung saraf berada sangat dekat dengan permukaan.

5. Kulit Kombinasi atau Kulit Campuran.  Lain lagi dengan jenis kulit wajah yang satu ini.  Jenis kulit kombinasi ini adalah jenis kulit  wajah yang merupakan campuran atau kombinasi dari : kering-berminyak atau normal berminyak. Sehingga perawatannyapun harus berbeda tiap bagiannya, area yang berminyak dirawat dengan perawatan untuk kulit berminyak sedangkan area kulit kering atau normal dirawat dengan perawatan untuk jenis kulit tersebut.

Kulit kombinasi tersebut terjadi apabila kadar minyak yang terdapat pada area wajah tidak merata, misalnya pada area tertentu kelenjar keringat sangat aktif sehingga dangat berminyak sedangkan daerah lain tidak, karena itu perawatan kulit kombinasi memerlukan perhatian khusus.

Secara umum ciri-ciri kulit kombinasi atau campuran adalah sebagai berikut :  Kulit di daerah T  ( dahi, hidung dan dagu ) berminyak sedangkan di daerah lain tergolong normal atau justru kering atau juga sebaliknya, Tekstur kulit yang berbeda, area kulit berminyak akan terjadi penebalan dan di area normal atau kering akan lebih tipis.

Setelah Anda membaca dan mengetahui jenis-jenis kulit tersebut, maka kami yakin Anda sudah mengetahui jenis kulit wajah seperti apakah yang anda miliki sekarang.  Dengan mengetahui jenis kulit wajah yang Anda miliki maka diharapkan anda juga dapat melakukan perawatan kulit yang tepat yang sesuai dengan jenis kulit yang Anda miliki. 

Demikianlah  jenis kulit wajah yang penting untuk anda ketahui sebagai dasar dalah perawatan kulit wajah.  Mudah – mudahan  anda adalah jenis orang yang mempunyai kulit wajah yang sehat, namun jika kulit wajah anda bermasalah seperti jerawat, pelajari cara menghilangkan jerawat tanpa bekas secara alami dengan cepat. Tentu saja cara ini menggunakan obat jerawat alami namun efektif menyembuhkan jerawat tanpa meninggalkan bekas.

 

No comment for Pelajari Jenis Kulit Wajah Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!